Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (Ma) Terbaru

Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kemenag - Struktur kurikulum sebagai citra mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang penerima didik dalam menuntaskan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan.

Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan posisi berguru seorang penerima didik yaitu apakah mereka harus menuntaskan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur, ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada penerima didik untuk memilih banyak sekali pilihan sesuai minat dan kemampuannya.


Struktur kurikulum Madrasah Aliyah terdiri atas: Kelompok mata pelajaran wajib yang diikuti oleh seluruh penerima didik Madrasah Aliyah. Kelompok mata pelajaran peminatan harus diikuti oleh penerima didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Mata pelajaran pilihan lintas minat, untuk tingkat Madrasah Aliyah Pemintaan ilmu-ilmu Keagamaan sanggup menambah dengan mata pelajaran kelompok peminatan ilmu-ilmu alam, sosial ataupunbahasa, demikian juga berlaku untuk peminatan Matematika danBahasa.

Adapun struktur kurikulum Madrasah Aliyah sebagai berikut:

1. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Matematika dan Ilmu Alam Madrasah Aliyah


2. Struktur kurikulum 2013 Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Madrasah Aliyah

 Struktur  kurikulum sebagai citra mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai  posis Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru

 3. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Ilmu Bahasa danBudaya Madrasah Aliyah

 Struktur  kurikulum sebagai citra mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai  posis Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru

4. Struktur Kurikulum 2013 Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah

 Struktur  kurikulum sebagai citra mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai  posis Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru

 

1) Selain aktivitas intrakurikuler menyerupai yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula aktivitas ekstrakurikuler pada tingkat Madrasah Aliyah antara lain Pramuka (Wajib), Palang Merah Remaja (PMR), Rohani Islam (Rohis), Olah Raga, Seni Islami, Karya Ilmiah Remaja, dan lain sebagainya.

2) Kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan dalam rangka mendukung pembentukan huruf islami dan perilaku sosial penerima didik, terutamanya yakni perilaku peduli terhadap orang lain dan lingkungan. Di samping itu, juga sanggup dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam perjuangan memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian, aktivitas ekstra kurikuler ini sanggup dirancang sebagai pendukung aktivitas kurikuler.

3) Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran ektrakurikuler setiap  kelas merupakan jumlah minimal yang sanggup ditambah sesuai dengan kebutuhan penerima didik.

Beban berguru merupakan keseluruhan aktivitas yang harus diikuti penerima didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

1) Beban berguru di Madrasah Aliyah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu.

a) Beban berguru satu ahad Kelas X yakni 51 jam pembelajaran.

b) Beban berguru satu ahad Kelas XI dan XII yakni 51 jam pembelajaran.

2) Durasi setiap satu jam pembelajaran yakni 45 menit.

3) Beban berguru di Kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.

4) Beban berguru di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.

5) Beban berguru di kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 ahad dan paling banyak 16 minggu.

6) Beban berguru dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 ahad dan paling banyak 40 minggu.

Setiap satuan pendidikan boleh menambah jam berguru per ahad menurut pertimbangan kebutuhan berguru penerima didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.

Demikianlah isu mengenai Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

0 Response to "Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (Ma) Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel