Trik Lain Untuk Lazy Load Iklan Adsense

Salah satu penyumbang loading blog ialah iklan adsense. Meskipun JS adsense sudah memakai asynchronous untuk menghindari blocking render JS, namun kenyataannya loading iklan adsense sangat terasa dikala halaman blog dimuat.

Apalagi kalau Anda memasang JS adsense pada setiap unit iklan yang ditampilkan di blog, maka loading blog akan ditambah pemuatan beberapa JS adsense tersebut. Kaprikornus saran saya, cukup menyimpan hanya 1 JS adsense di atas instruksi </body> untuk semua unit iklan adsense di blog.

Namun kali ini aku akan menunjukkan trik lain untuk lazy load iklan adsense supaya tidak menambah loading blog.

Untuk melaksanakan lazy load pada iklan adsense, kita dapat memanfaatkan javascript load on scroll. Kaprikornus secara sederhana, JS adsense tidak akan dimuat sebelum halaman di-scroll. Masuk nalar bukan?

Namun untuk mengimplementasikan trik ini, maka kita jangan menaruh iklan adsense pada kawasan "above the fold" atau jangan menaruh iklan adsense di kawasan penampakan layar sebelum halaman di-scroll sebab iklan tidak akan tampil.

Bagian yang terperinci ialah "above the fold" atau "visible content"

Nah untuk trik lazy load iklan adsense ini silahkan ganti instruksi JS adsense dengan javascript di bawah ini, silahkan simpan di atas instruksi </body>

 <script>
//<![CDATA[
var lazyadsense = false;
window.addEventListener("scroll", function(){
if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadsense === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadsense === false)) {

(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();

    lazyadsense = true;
  }
}, true)
//]]>
</script>

Anda juga dapat memasukan js atau script lainnya kalau ingin widget tersebut dimuat sesudah scroll, misalkan komentar disqus atau lainnya.

Sumber https://www.kompiajaib.com/

0 Response to "Trik Lain Untuk Lazy Load Iklan Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel