Cara Sukses Cut Off Bos Triwulan 1,2,3,4 Tahun 2018

Dalam rangka untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan 2 (April – Juni Tahun 2018) Dapodikdasmen pada tanggal 30 April 2018 akan melaksanakan pengambilan data (Cut-off). Dari pengecekkan data di server Dapodikdasmen per-tanggal 27 April 2018 diketahui bahwa masih terdapat 1818 sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan dengan status partisipasi BOS yaitu “menerima” (pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab “Ya”), akan tetapi belum melaksanakan sinkronisasi. Artnya bila hingga sampai tanggal tersebut gagal melaksanakan sinkronisasi otomatis sekolah tersebut bakal tidak mendapatkan BOS Triwulan 2 (April – Juni Tahun 2018).
Dalam rangka untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan  Cara Sukses Cut Off BOS triwulan 1,2,3,4 Tahun 2018
Minimnya akomodasi sarana dan prasarana jalan masuk internet dan keterbatasan operator sanggup saja menjadi hambatan bagi sekolah-sekolah tersebut sehingga belum atau gagal melaksanakan sinkronisasi data dapodik. Operator sebagai tulang punggung sekolah semestinya harus mengetahui Jadwal CutOff Verval Database Dapodik: BOS/BSM, TPG UN/US biar sanggup menyiapkan data dengan valid sebelum waktu cut off. Dengan berbekal jadwal tersebut opeator sanggup memilah data mana (Data BOS/BSM, Data PTK/TPP, Data UN/US) yang perlu di perbaiki pada bulan sebelum waktu cut off.

Bagaimana agar BOS triwulan 1,2,3,4 tahun 2018 sanggup cair?

Syarat biar dana BOS sanggup dicairkan setiap triwulan maka harus mengikuti hukum umum yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:
  1. Data siswa yang akan terhitung yaitu data siswa pada semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2017/2018. (Cut-off 30 April Penetapan Alokasi Penyaluran Triwulan 3 dan Perhitungan Kurang/Lebih Salur Triwulan 2)
  2. Data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, dan jenis rombel yang dihitung yaitu Rombel Kelas, Reguler, Kelas jauh, dan Terbuka, sedangkan Rombel teori dan praktek tidak dihitung.
  3. Data Rombongan Belajar harus diisikan "wali kelas"
  4. Data siswa disarankan melalui proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id (khusus untuk Sekolah Menengan Atas menjadi prasyarat/diharuskan).
  5. Rombongan Belajar harus diisikan lengkap hingga dengan data pembelajaran.
  6. Khususnya untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan harus memperhatikan pengisian data aktivitas pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian.
Berikut ketentuan pengisian data aktivitas pengajaran/program keahlian/Kompetensi Keahlian untuk Sekolah Menengan Atas dan SMK:

Sekolah Menengan Atas KTSP 2006
- Kelas X = Umum
- Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasa

Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
-  Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial

Sekolah Menengah kejuruan KTSP
-  Kelas X, XI dan XII = Kompetensi Keahlian

Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013
-  Kelas X = Program Keahlian
-  Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian

Data diatas harus benar-benar lengkap dan valid biar sekolah diperhitungkan untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Lihat cara Cara Memperbaiki Data Siswa Yang Invalid Menerima Dana BOS 

Antisipasi untuk tahun pemikiran gres menghadapi pencairan BOS triwulan 3 dan 4 biar datanya valid 6 syarat tesebut harus diisi pada awal Agustus untuk penerima didik gres dan perbaikan data untuk penerima didik lama.

0 Response to "Cara Sukses Cut Off Bos Triwulan 1,2,3,4 Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel