Panduan Penentuan Kkm (Kriteria Ketuntasan Minimal) Untuk Sd Terbaru Tahun 2018/2019

Panduan Penentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk SD Terbaru Tahun 2018/2019



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://soalterbaru.com/ ini akan membahas dan membagikan file perihal Panduan Penentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk SD Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Panduan Penentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk SD Terbaru Tahun 2018/2019.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu kriteria paling rendah untuk menyatakan akseptor didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun pemikiran oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau lembaga MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Fungsi KKM
1. Sebagai pola bagi seorang guru untuk menilai kompetensi akseptor didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
2. Sebagai pola bagi akseptor didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
3. Sebagai sasaran pencapaian penguasaan bahan sesuai dengan SK/KD – nya
4. Sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan penilaian pembelajaran
5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, akseptor didik dan masyarakat (khususnya orang bau tanah dan wali murid)

Tahapan Penetapan KKM
Seperti pada uraian diatas bahwa penetapan KKM dilakukan oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran. Adapaun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:
Guru atau kelompok guru memutuskan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake akseptor didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK sampai KKM mata pelajaran.
Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian
KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu akseptor didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
KKM dicantumkan dalam laporan hasi berguru atau rapor pada dikala hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali akseptor didik. 
Kaprikornus yang menjadi pertimbangan dalam memilih KKM yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung mencakup kelengkapan mengajar ibarat buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan kebijaksanaan sehat dan daya pikir akseptor didik.
Dan masih banyak Contoh  Panduan Penentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk SD Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini Aplikasi Panduan Penentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk SD Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa eksklusif download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


0 Response to "Panduan Penentuan Kkm (Kriteria Ketuntasan Minimal) Untuk Sd Terbaru Tahun 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel