Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong

Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong
Sebenarnya ini trik cukup gampang lantaran memang cara penulisannya cukup mudah. Namun kalau pikiran kita tidak hingga ke sana, maka ini akan menjadi sesuatu hal yang sulit.

Apa sih sidebar blog yang kosong itu? Ini hanya istilah yang aku pakai, untuk Anda ya...terserah Anda. Mungkin di antara Anda ada yang pernah lihat pada sidebar suatu blog yang letaknya di bawah atau di atas widget lainnya berupa kotak atau garis. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong

Itu biasanya disebabkan oleh trik menampilkan widget hanya di halaman postpage (widget tidak ditampilkan di homepage) dan widget yang hanya ditampilkan di homepage (widget tidak ditampilkan di postpage). Jika widget tersebut hanya ditampilkan di postpage saja, maka sidebar kosongnya akan tampak di homepage. Begitu juga sebaliknya kalau hanya menampilkan widget hanya di homepage maka sidebar kosongnya akan tampil di postpage. Dan hal ini sanggup juga disebabkan dari pemakaian widget statis ibarat buku tamu yang disimpan di pinggir blog, atau widget sharing yang melayang dan lain sebagainya. Biasanya hal ini terjadi kalau background sidebar tidak sama dengan background body.

Dan ini berdasarkan aku cukup mengganggu tampilan blog, sehingga terlihat kurang rapih. Untuk mengatasinya silahkan coba dengan trik di bawah ini:

1. Untuk widget yang hanya ditampilkan di postpage. Silahkan tambahkan aba-aba kode di bawah ini di bawah aba-aba ]]></b:skin>

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
#PlusFollowers1, #Stats1 {visibility:hidden}
</style>
</b:if></b:if>

Perhatikan aba-aba yang berwarna merah di atas, itu yaitu ID widget yang hanya ditampilkan di postpage. Untuk mengetahui ID widget, aku contohkan pada aba-aba di bawah ini.

   <b:widget id='PlusFollowers1' locked='false' title='Google+ Followers' type='PlusFollowers'>
     <b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
......
......
......
  </div>
</b:if>
</b:includable>
   </b:widget>

Perhatikan aba-aba yang berwarna merah, itu yaitu ID widget-nya. Untuk aba-aba yang berwarna biru yaitu aba-aba untuk menampilkan widget hanya di postpage.

2. Untuk widget yang hanya ditampilkan di homepage. Silahkan tambahkan aba-aba kode di bawah ini di bawah aba-aba ]]></b:skin>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
#PlusFollowers1, #Stats1 {visibility:hidden}
</style>
</b:if>
Perhatikan aba-aba yang berwarna merah di atas, itu yaitu ID widget yang hanya ditampilkan di homepage. Untuk mengetahui ID widgetnya sama dengan langkah nomor 1 di atas.

3. Untuk sidebar yang disebabkan oleh widget statis ibarat buku tamu yang disimpan di pinggir blog atau lainnya, aku anjurkan untuk menyimpan aba-aba html-nya pada edit HTML bukan pada gadget HTML/Javascript di Tata Letak. Simpan aba-aba html widget statisnya di edit HTML di atas aba-aba </body> biar tidak menghasilkan sidebar yang kosong.

Nah demikin saja trik untuk mengatasi tampilan sidebar blog yang kosong ini semoga sanggup dimengerti dan bermanfaat.

Sumber https://www.kompiajaib.com/

0 Response to "Cara Mengatasi Tampilan Sidebar Blog Yang Kosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel