Smk Akutansi : Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disajikan harus memenuhi karakteristik info tertentu, sehingga info yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik untuk mengambil keputusan. Informasi yang tidak memiliki kualitas sebagai info mampu menyesatkan pihak-pihak yang akan mengambil keputusan berdasarkan laporan keuangan tersebut.

Informasi akuntansi yang berkualitas antara lain harus memenuhi karakteristik kualitatif laporan keuangan. Terdapat empat karakteristik kualitatif laporan keuangan, yaitu mampu dipahami, relevan, mampu diandalkan, dan mampu dibandingkan.

1. Dapat Dipahami
Karakteristik yang pertama ialah mampu dipahami, yang berarti info di laporan keuangan harus memiliki fasilitas untuk segera mampu dipahami oleh pengguna laporan keuangan. Laporan keuangan yang simpel dipahami harus memiliki ciri relevan dan materialistis.

2. Relevan
 Laporan keuangan yang disajikan harus memenuhi karakteristik info tertentu Smk Akutansi : Karakteristik Kualitatif Laporan KeuanganRelevan, yaitu info yang disajikan harus relevan dengan kebutuhan pengguna laporan keuangan dalam mengevaluasi insiden masa lalu, masa kini, dan masa depan yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan ekonomi.

3. Keandalan
Keandalan, berarti info akuntansi harus andal (reliable), berarti memiliki kualitas yang bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan mampu dipercaya penggunaannya sebagai penyajian yang tulus dari yang seharusnya disajikan atau yang secara masuk logika dibutuhkan mampu disajikan.

4. Dapat Dibandingkan
Berarti info akuntansi harus mampu diperbandingkan antarpriode untuk mengidentifikasi kecendrungan posisi dan kinerja keuangan. Selain itu, juga harus mampu di perbandingkan dengan laporan keuangan antar perusahaan. Oleh alasannya yaitu ialah itu, laporan keuangan harus disajikan secara konsisten dan umumnya disajikan minimum untuk dua priode.

Artikel sebelumnya silahkan baca Pertimbangan Dalam Memilih  Bentuk Badan Usaha

0 Response to "Smk Akutansi : Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel