Kelulusan Hasil Unbk 2018 Di Umumkan Lewat Sekolah

Mengacu Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, hasil UN sekarang tidak lagi menjadi syarat mutlak dari kelulusan untuk tingkat SD, Sekolah Menengah Pertama maupun SMA. Namun kendati demikian Tentu penerima didik merasa belum hening sebab belum mengetahui hasil UN/UNBK nya.
 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh P Kelulusan Hasil UNBK 2018 Di Umumkan Lewat Sekolah
Berbeda dengan tahun-tahun kemarin untuk dapat melihat hasil kelulusan UN/UNBK kita dapat pribadi cek secara online melalui laman puspendik kemdikbud yang dipublikasikan secara pribadi melalui internet artinya dulu dapat mencuri start sebelum pihak sekolah mengumumkan kelulusan. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan 2018 tidak dipublikasikan di internet atau sistem online. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan pengumuman kelulusan hanya dipublikasikan di sekolah masing-masing.

Bertepatan dengan HarDikNas, Bapak Muhadjir sehabis usai mengisi upacara Hari Pendidikan Nasional ia menyampaikan bahwa untuk pengumuman kelulusan UNBK tahun ini terlebih dahulu dipublikasikan melalui pihak sekolah.

Beliau beralasan bahwa pengumuman melalui sekolah dilakukan sebab Ujian Nasional Berbasis Komputer sepenuhnya menjadi kepentingan sekolah dan siswa, bukan masyarakat umum. Ketentuan sebelum publish, harus diumumkan melalui sekolah dulu. Yang paling berkepentingan kan sekolah dan siswa bukan masyarakat umum.

Melansir dari Akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, @kemdikbud.ri, pada Selas juga telah menyatakan bahwa pengumuman kelulusan Sekolah Menengan Atas 2018 tidak dilakukan lewat daring.

Pengumuman kelulusan Sekolah Menengan Atas itu disampaikan oleh Panitia sentra Ujian Nasional (UN) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).  UNBK untuk siswa SMA/SMK dilakukan pada April lalu. Hasilnya sudah diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi semenjak Senin tanggal 30 April.

Alur pengumuman hasil UN berawal dari sentra panitia penyelenggara UN untuk kemudian diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi. Kemudian, dari Dinas Pendidikan Provinsi akan disampaikan kepada Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten atau Kota, selanjutnya disampaikan kepada pihak sekolah atau Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)..

Makara hasil pengumuman hasil UN untuk penerima didik dilakukan melalui sekolah bukan oleh sentra melalui online menyerupai informasi yang beredar belakangan ini.

Pengumuman kelulusan Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan menurut data laman Kemendikbud akan memilih nasib penerima UN tingkat Sekolah Menengan Atas 2018 sebanyak 1.394.870, sementara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 1.460.965

Menurunnya hasil UN secara Nasional
  • ADANYA PERALIHAN MODA UN DARI UJIAN NASIONAL KERTAS DAN PENSIL (UNKP) MENJADI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK)
  • KOMPETENSI YANG SEHARUS DIAJARKAN DAN DIUJIKAN TETAPI BELUM/TIDAK DIAJARKAN
  • ADANYA PENINGKATAN STANDAR SOAL SEPERTI SOAL HOTS (HIGHER OF THINKING SKILL) SEBANYAK 10 %
  • MOTIVASI SISWA MENURUN KARENA UN BUKAN PENENTU KELULUSAN
KRITERIA KELULUSAN (Pasal 18 Permendikbud 3/2017)
  • Menyelesaikan seluruh jadwal pembelajaran
  • Nilai sikap/perilaku minimal baik
  • Lulus ujian satuan pendidikan/ jadwal pendidikan
PENGUMUMAN PENCAPAIAN KOMPETENSI (UN)
Sekolah Menengan Atas Sederajat diumumkan pada tanggal 2 Mei 2018
PENGUMUMAN KELULUSAN SATUAN PENDIDIKAN
Sekolah Menengan Atas Sederajat diumumkan pada tanggal 3 Mei 2018 jam 10 pagi

0 Response to "Kelulusan Hasil Unbk 2018 Di Umumkan Lewat Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel