Apa Saja Yang Harus Dikerjakan Pada Simpatika ?


Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ? - Seperti biasanya pada setiap awal semester, baik itu ganjil maupun genap, Aplikasi SIMPATIKA harus kita operasikan atau operator madrasah operasikan dengan meng-update seluruh data pada setiap madrasahnya masing-masing, baik itu data Madrasah dan PTK. Untuk Madrasah, ibarat Profil Madrasah; Kurikulum, Kelas, Jadwal, Absensi, Sarana dan Prasarana. Pendidik dan Tenaga Kependidika; Update data PTK, Registrasi PTK baru, Validasi, dan lainnya. Siswa & Alumni; Update data Siswa Terbaru, kalau ada siswa yang masuk dan keluar. Dan untuk PTK, para PTK harus update beberapa Profil kalau ada perubahan, seperti; Update Keaktifan, Update Portofolio (Jika ada Perubahan), Verval NRG, Veral SKBK dan SKMT, Cetak Analisa Tunjangan, Tunjangan Insentif, dan yang lainnya.

Untuk lebih Rincinya simak beberapa klarifikasi Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMAPTIKA di bawah ini:

UPDATE DATA MADARSAH


Setiap Madrasah pasti ada yang mengalami perubahan baik itu pada data profil, data pendidik dan tenaga kependidikan, maupun data siswa. Nah, untuk itu berikut yaitu klarifikasi singkatnya mengenai apa yang harus dilakukan pada akun Madrasah kalau ada Update data terbaru pada madarasah.

Untuk sanggup melaksanakan updating data madrasah anda diharuskan login dengan akun Kepala madrasah atau akun Operator Madarsah masing-masing pada simpatika. Pilih pada icon Logo yang bertuliskan Madrasah

Pertama Menu Sekolah


Ada beberapa sub sajian yang harus dikerjakan kalau madrasah anda mengalami perubahan data. Silahkan edit pada sub-sub sajian berikut:

1. Profil

Silahkan update profil madarasah anda sesuai data yang terbaru. Berikut yang harus diupdate kalau ada perubahan data Madrasah , (lihat gambar)

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA  Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

2. Kurikulum

Pada sajian kurikulum yang harus anda update yaitu mengenai mata pelajaran wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri / eskul, sesuaikan dengan kurikulum yang dipakai di madrasah anda masing-masing.

3. Kelas

Pada sajian kelas, kita sanggup menambahkan kelas sesuai yang ada pada Madrasah dan sekaligus menambahkan siswanya pada kelas yang telah kita buat. Untuk absesni siswa, kita abaikan saja, alasannya yaitu itu berbayar. Menu kelas ini yaitu sajian wajib yang harus kita kerjakan, alasannya yaitu kalau siswa tidak ada dalam kelas yang kita buat, nanti akan berdampak pada PTK yang telah Sertifikasi.

4. Jadwal

Menu jadwal juga merupakan sajian yang wajib kita update, alasannya yaitu setiap semesternya jadwal akan direset, maka kita harus menciptakan jadwal ibarat biasanya dan sesuaikan dengan jadwal di madrasah masing-masing. Silahkan kelola jadwal mingguan, dan kalau ada guru yang mengajar Ekstrakulikuler, silahkan tambahkan Ekuivalensinya. Tidak lupa juga bagi Guru KP/TIK.


5. Absensi

Absensi bagi Guru dan Staf, ini wajib kita isi setiap hari, jangan hingga terlewatkan, apalagi pada selesai tanggal pergantian bulan, sanggup bisa nanti akan ada alpa pada PTK. So, harus selalu up to date.

Kedua Menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA  Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

Pada sajian Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga ada yang harus diupdate kalau pada Madrasah ada beberapa perubahan pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan, baik itu ada PTK gres atau PTK yang keluar.

1. Direktori PTK

Merupakan sajian bagi admin untuk mengontrol PTK yang terdaftar, kita sanggup melihat apakah PTK tersebut sudah aktif atau belum, mereset password login, dan hal lainnya.

2. Registerasi PTK

Merupakan sajian untuk menambahkan atau mendaftarkan PTK gres pada madrasah. Silahkan ikuti langkah-langkah registrasi secara sistematis.

3. Verval NUPTK

Merupakan sajian lanjutan dari sajian Registerasi PTK, dengan mengisi beberapa formulir tambahan, semoga PTK sanggup terdaftar aktif di Simpatika.

4. PTK non Aktif

Merupakan sajian untuk penon-aktifan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sudah tidak aktif lagi di Madrasah .

Ketiga Menu Siswa & Alumni

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA  Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

Satu sub sajian yang penting dikerjakan yaitu sub sajian Siswa, dalam sajian siswa tersebut kita diharuskan meng-update data siswa yang ada pada madrasah, baik itu siswa yang gres dan siswa yang keluar.

Perlu diingat, setiap awal semester kita harus meng-aktifkan seluruh siswa terlebih dahulu semoga siswa muncul pada simpatika.

Baca Juga:

UPDATE DATA PTK


Berikut yaitu hal-hal yang harus dikerjakan oleh PTK pada Simpatika. Sebetulnya ini merupakan kewajiban PTK masing-masing. Walau gotong royong didunia kenyataan, masih berbagai PTK yang memasrahkan pekerjaan ini kepada Operaor-operator Madrasah.

1. Portofolio


Silahkan pada sajian ini edit masing-masing oleh PTK kalau ada beberapa hal yang perlu dirubah, baik itu ada data gres atau ada kesalahan data, rubah datanya sesuaikan, kemudian jangan lupa untuk "Jadikan Permanen" dan S12-nya berikan ke admin kab/kota.

2. Administrasi


Pada sajian ini ada dua sub sajian yang harus kita update yaitu keatifkan dan verval NRG bagi yang telah sertifikasi.

a. Keaktifan


Silahkan aktifkan akun PTK anda, semoga anda terdaftar aktif pada SIMPATIKA dan jangan lupa untuk Cetak Kartu PTKnya masing-masing.

b. Verval NRG dan Sertifikasi


Bagi guru yang telah mempunyai NRG, diwajibkan mem-verval NRG-nya, sebagai salah satu syarat pencairan Sertifikasi.


3. Diklat


Merupakan sajian pemberitahuan panggilan bagi guru atau PTK yang seudah memenuhi syarat dalam mengikuti PPG ataupun Diklat Kurikulum 2013.

4. Tunjangan


Merupakan sajian khusus untuk keperluan pencairan tunjanagan, ibarat Sertifikasi dan yang terbaru yaitu kontribusi insentif bagi guru non PNS.

a. SKBK dan SKMT


Menu untuk melakuan pengajuan SKMT dan pencetan SKMT/SKBK bagi guru Sertifikasi.


b. Analisa Tunjangan


Menu cetak mengenai analisa kontribusi bagi guru yang telah sertifikasi, disinilah yang memilih apakah guru itu LAYAK atau TIDAK LAYAK mendapat kontribusi Seritikasi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, kalau ingin PTK termasuk yang LAYAK.

c. Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS


Menu untuk pengajuan Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS. Ingat sajian ini khusus untuk yang belum sertifikasi yah.


Mungkin itu saja yang sanggup kami sampaikan mengenai Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMAPTIKA ? Untuk lebih jelasnya silahkan buka akun simpatika masing-masing dan kerjakan. TALK LESS DO MORE.

. Agar anda mengetahui informasi yang up to date.

0 Response to "Apa Saja Yang Harus Dikerjakan Pada Simpatika ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel