Alpeka Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bos Terbaru Tahun 2018/2019

ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://soalterbaru.com/ ini akan membahas dan membagikan file ihwal ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019.

DEFINISI
Pengertian Alpeka
ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) ialah aplikasi berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah. Aplikasi ini dikembangkan atas pinjaman aktivitas PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan aktivitas BOS. Salah satu hasil tamat dari aplikasi ini ialah format BOS K-7 yang selanjutnya dipakai untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan anutan penggunaannya sehingga setiap sekolah sanggup berguru mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan.
Sejarah Alpeka di OKU TIMUR Di Kabupaten OKU TIMUR alpeka sudah dipakai semenjak tahun 2012. Sebelumnya yaitu sekitar tahun2011 pernah diadakan workshop BOS oleh kemdikbud di Bandung dan memperkenalkan alpeka.
Namun alasannya ialah keterbatasan pemahaman dari kami sehingga tidak pribadi diaplikasikan pada ketika itu kepada seluruh sekolah SD dan SMP.
Penggunaan alpeka dimulai oleh Pak Bahrun, kepala sekolah SDN 20 Martapura. Sejak tahun 2012 dia konsisten memakai alpeka. Imbas positifnya ialah ketika lomba tata kelola BOS tahun 2014 secara nasional SDN 20 Martapura menerima prestasi juara nasional. Menurut dia kemenangannya alasannya ialah bantuan penggunaan alpeka.
Melihat pentingnya alpeka tersebut, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU TIMUR mulai merencanakan untuk sosialisasi dan training alpeka kepada seluruh SD dan Sekolah Menengah Pertama se-kabupaten OKU TIMUR. Undangan untuk sosialisasi per kecamatan telah dibentuk semenjak bulan Juni 2015. Gelombang pertama yaitu kecamatan Martapura dengan narasumber pak Bahrun dan pak Sopiyan sebagai penerima lomba tata kelola BOS tingkat nasional. Saya pun berguru dari Pak Bahrun ihwal alpeka pada gelombang pertama tersebut.
Gelombang berikutnya dilanjutkan oleh tim dari diknas, saya, Rico dan Entang keliling kecamatan untuk sosialisasi dan training alpeka. Untuk kecamatan yang berdekatan dengan Martapura mereka dipanggil ke Martapura. Untuk yg jauh, kami ke sana biar lebih efisien tidak memberatkan pihak sekolah.
Dari pihak sekolah yang diundang ialah kepala sekolah dan bendahara / operator. Sempat terjadi kebingungan bersama-sama yang bertanggung jawab terhadap penggunaan alpeka ini bendahara atau operator. Karena yang namanya laporan BOS itu domainnya ada di bendahara sedangkan tidak semua bendahara sanggup gampang memakai aplikasi. Karena biasanya operator yang lebih terlatih memakai aplikasi, menurut pengalaman pada dapodik dan padamu negeri.
Akhirnya disepakati bahwa keputusan pengelolaan alpeka sepenuhnya diserahkan kepada kepala sekolah untuk memilih siapa PIC (person in charge). Sebaiknya memang bendahara dan operator sanggup bekerja sama untuk saling melengkapi dalam pengisian alpeka. Namun itu semua tergantung kondisi di masing-masing sekolah yang dinamis.
Dan masih banyak ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda sanggup pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

0 Response to "Alpeka Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bos Terbaru Tahun 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel