Cara Lain Resize Image Dengan Photoshop

Sebelumnya aku sudah pernah memposting cara mendapat size image yang kecil dengan memakai photoshop. Dan kali ini aku juga akan share cara resize image dengan photoshop namun dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Kali ini kita akan memakai image processor dari photoshop yang sehabis aku coba ternyata bisa me-resize image hingga 70% dengan dimensi image yang sama. Bahkan kalau ukuran dimensi-nya dirubah untuk dibentuk menjadi image untuk postingan blog, size-nya bisa menjadi lebih kecil lagi.

Saya contohkan sebuah foto hasil kamera Nikon D3200 dengan dimensi 6016px x 4000px dengan size 15.7mb ibarat detail di bawah ini.


Setelah di-resize tampak ibarat gambar di bawah ini. Size-nya menjadi cukup kecil dari asalnya 15.7mb menjadi hanya 2.08mb namun kualitas masih sama dengan detail image yang tidak berubah.


Jika dimensinya juga dikecilkan menyesuaikan dengan area postingan blog, maka size-nya menjadi lebih kecil lagi. Kali ini aku rubah menjadi ukuran lebar 750px (ukuran tinggi otomatis menyesuaikan menjadi 499px) dan size image menjadi lebih kecil hanya 108kb dari size asalnya 15mb.


Hal ini tentunya cukup baik semoga foto hasil jepretan kamera Anda bisa gampang dikirimkan melalui email atau untuk dibentuk sebagai image postingan di blog Anda tanpa merusak kualitas foto.

Caranya cukup gampang (jika foto lebih dari 1, tempatkan semua foto di 1 folder yang sama). Buka salah satu foto dengan Photoshop kemudian klik sajian File, pilih option Scripts kemudian pilih Image Processor ibarat gambar di bawah ini.


Kemudian akan muncul obrolan box, kalau kita hanya akan me-resize foto yang sedang dibuka di photoshop maka pilih option Use Open Images kemudian klik Run. Jika kita akan me-resize semua foto yang ada di folder, maka pilih option Select Folder klik tombolnya kemudian cari folder daerah kita menyimpan foto di komputer kemudian klik tombol Run.


Hasil kompres fotonya akan disimpan di folder yang sama dengan foto aslinya. Bagaimana, gampang bukan?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....


Sumber https://www.kompiajaib.com/

0 Response to "Cara Lain Resize Image Dengan Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel