Sebaiknya Submit Semua Jenis Url Https Http Www Dan Non-Www Di Google Search Console

Sepertinya masih banyak blogger yang mengabaikan acuan Google untuk menambahkan atau submit semua jenis URL HTTPS, HTTP, WWW, dan non-WWW di Google Search Console, termasuk saya sendiri hehehe....

Baru sadar sesudah membaca dengan teliti pesan di Google Search Console bahwa kita harus menciptakan properti dari semua tipe URL blog kita.

Makara untuk Blogger (yang tidak memakai HTTPS), maka harus menambahkan properti di Google Search Console sebanyak 2 buah untuk URL sebagai berikut:
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Dan buat juga properti untuk URL http://domain.com/

Kini Blogger sudah support HTTPS untuk custom domain, jikalau Anda sudah mengaktifkan HTTPS untuk custom domain, Anda harus menambahkan properti di Google Search Console sebanyak 4 buah URL menyerupai untuk Wordpress dengan HTTPS di bawah ini. Ini berlaku juga untuk Blogger yang tidak pakai custom domain (yang masih memakai domain blogspot) dan mengaktifkan HTTPS.

Jika Anda memakai Wordpress dan memakai HTTPS (jika tidak maka lakukan menyerupai di atas untuk Blogger non HTTPS), maka Anda harus menambahkan 4 buah properti sebagai berikut:
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Buat properti untuk URL http://domain.com/
  3. Buat properti untuk URL https://www.domain.com/
  4. Dan buat juga properti untuk URL https://domain.com/
Kemudian di masing-masing properti silahkan submit sitemap dengan menambahkan sitemap.xml pada kolom submit sitemap. Untuk blogger dapat ditambahkan juga feeds/posts/default

Kemudian hal selanjutnya yang harus dilakukan sesudah menciptakan properti untuk setiap URL, silahkan pilih apakah Anda ingin situs Anda muncul dengan atau tanpa "www" di Google Penelusuran. Gunakan versi yang sesuai dengan URL canonical blog, untuk Blogger silahkan pilih versi yang memakai "www".

Dengan begitu Google akan lebih komplit menampilkan statistik blog dari semua jenis URL https atau http dan www serta non-www.


Dan bagi yang belum mengerti apa itu HTTP dan HTTPS, ada sebuah artikel yang cukup menarik untuk disimak mengenai pengertian, perbedaan, dan laba memakai HTTPS. Silahkan simak perbedaan HTTP dan HTTPS pada link berikut:

Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.kompiajaib.com/

0 Response to "Sebaiknya Submit Semua Jenis Url Https Http Www Dan Non-Www Di Google Search Console"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel