Rangkuman Bahan Tematik Kelas 5 Sd Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Rangkuman bahan K13 - Berikut admin sajikan mengenai rangkuman bahan kelas 5 SD tematik Kurikulum 2013 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.
 Berikut admin sajikan mengenai rangkuman bahan kelas  Rangkuman bahan Tematik Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

A. Jawaban Soal Buku Siswa “Faktor Pendukung  dan Penghambat Pembangunan Nasional”  
Kegiatan pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 7 kelas 5 sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013 terdapat sebuah kigiatan yang memperlihatkan pengalaman kepada siswa untuk menemukan faktor-faktor yang mendukung pembangunan nasional.

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siswa secara pribadi dan tentunya diharapkan sarana media yang dipersiapkan oleh guru.  Kegiatan bisa dilakukan dengan melaksanakan studi pustaka, menyerupai melalui buku, surat kabar, atau artikel di internet. Guru bisa melaksanakan acara diskusi baik itu melalui diskusi kelompok kecil maupun secara klasikal. Siswa juga
bisa melaksanakan acara wawancara terhadap guru maupun sejarawan.

Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh siswa kelas 5 sesuai dengan buku siswa tema 7 pada halaman 161. Berikut ini admin sajikan gosip yang sanggup membantu guru dan siswa dalam memilih faktor pendukung dan penghambat pembangunan nasional.

Jawaban yang admin sajikan disini tentunya dirangkum dari banyak sekali informasi, salah satunya melalui artikel di internet. Semoga balasan dari kiprah buku siswa pada halaman 161 bisa bermanfaat bagi siswa dan guru yang sedang mempersiapkan acara pembelajaran.

Berikut ini balasan atas kiprah wacana Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional.

Faktor Pendukung Pembangunan Nasional :
1. Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa
Kemerdekaan menjadi faktor pendukung yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa ini memperlihatkan kesempatan yang luas bagi kita untuk mengembangkan  dan mensejahterakan rakyat, alasannya ialah kemerdekaan memebrikan kita hak untuk menjadi bangsa yang berdaulat.

2. Letak geografis
Indonesia merupakan negara yang berada pada wilayah yang sangat strategis, dimana berada pada jalur ekonomi dunia memperlihatkan kesempatan bagi bangsa kita untuk semakin maju dan berkembang. 

3. Jumlah penduduk 
Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah penduduk sangat banyak. Hal ini tentunya bisa menjadi modal yang mendukung pembangunan nasional. 

Penduduk yang banyak dan mempunyai kemampuan intelektual dan perilaku yang baik akan memperlihatkan akan menimbulkan mereka generasi yang maju. 

4. Kekayaan sumber daya alam
Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa ini sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari Sabang hingga Merauke mempunyai hamparan kekayaan alam. Di laut, hutan dan tambang beberapa kekayaan yang ada. 

Ini merupakan faktor pendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional dan harus dikelola dengan baik. 

5. Keberagaman
Indonesia ialah negara yang majemuk. Sudah barang tentu mempunyai banyak keberagaman. Mulai dari budaya hingga alamnya. 

Keberagaman tersebut sanggup dimanfaatkan sebagai sarana pendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional bangsa. 

Faktor penghambat pembangunan nasional 
Berikut ini beberapa faktor penghambat pembangunan nasional yang patut diwaspadai. 

  • Kesenjangan sosial 
  • Tingkat pendidikan masyarakat
  • Gejolak sara
  • Tingkat produktifitas penduduk yang rendah .
  • Kekurangan modal dan teknologi. 

B. Contoh Tugas  Membuat Naskah Drama Pendek Pada Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD
 
 Berikut admin sajikan mengenai rangkuman bahan kelas  Rangkuman bahan Tematik Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
 
Pembelajaran di kelas 5 yang sudah  memasuki tema 8 akan menemukan acara pembelajaran 3 subtema 1 dimana memperlihatkan kiprah kepada siswa untuk melaksanakan unjuk kerja berupa menciptakan naskah sebuah drama untuk bermain peran.

Berikut ini pentunjuk pengerjaan kiprah menciptakan naskah bermain kiprah yang ada pada pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 yang admin kutip dari buku siswa.

Ayo Bermain Peran

Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu
tentu diharapkan perilaku toleransi di antara masyarakat Indonesia. Sikap apa
yang sanggup kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia?
Buatlah naskah drama pendek wacana perilaku toleransi, kemudian mainkan naskah
drama tersebut.


Nah tentunya untuk memudahkan para orang renta dalam mendampingi  buah hati mereka dalam mengerjakan kiprah tersebut, berikut ini admin sajikan salah satu pola naskah drama yang bisa anda jadikan sebuah pedoman.


Contoh Naskah drama pendek wacana perilaku toleransi   

Dayu : “Eh... Lani kenapa kau gres datang? Apakah tidak ada yang mengantar kau kesini?

Andi : “ Iya... padahal kami disini sudah usang lho menunggumu untuk berguru kelompok. Sampai-sampai pisang Dayu ludes saya makan”

Lani pun hanya tertunduk membisu dan tersenyum kecil, kemudian ia pun menjawab pertanyaan teman-temannya.

Lani : “Maafkan saya ya, Dayu, Andi, saya tiba terlambat. Orang tuaku sibuk bekerja di sawah, jadi saya tidak ada yang mengantar. Tadi saya terpaksa jalan kaki untuk hingga di rumah Dayu”

Dayu dan Andi pun terdiam, mereka berpikir kasihan sekali Lani harus berjalan dari rumahnya menuju rumah Dayu. Jaraknya tidaklah dekat.

Mereka pun merasa bersalah, bila mengajak berguru kelompok di rumah Dayu, padahal Lani tinggal jauh dari daerah tinggal mereka.

Lagi pula Dayu dan Andi mempunyai saudara yang bisa mengantar mereka dengan sepeda motor bila mereka berguru di rumah Lani.

Akhirnya mereka pun setuju mengubah lokasi berguru kelompok.


Dayu : “ Oke gini saja Lani, untuk berguru kelompok nanti. bagaimana kalau kita di rumah kau saja, lagi pula disana suasananya bagus. Dekat sawah dan perbukitan, niscaya suasananya akan seru. Lagian kami kesana bisa diantar oleh saudara kami. Gimana menurutmua An?”

Andi : “ Oke... saya oke sekali dengan usulmu Dayu, besok kita berguru di rumah Lani saja, kasian juga Lani tidak ada yang mengantar’


Akhirnya Andi, Dayu dan Lani melanjutkan acara berguru mereka, disana mereka begitu saling bertoleransi terhadap persoalan yang dialami oleh sahabat mereka.

 
C. Format Rubrik Pengamatan Keterampilan Menganalisa Iklan - Kelas 5 SD Tema 9

Pembelajaran tema 9 merupakan tema terakhir yang dipelajari siswa kelas 5 pada semester II. Pada Subtema 1 yang berjudul Zat Tunggal dan Campuran terdapat bahan bahasa Indonesia dimana siswa dibelajarkan menganalisis unsur-unsur yang terdapat pada sebuah iklan. 

Siswa dibelajarkan untuk mengenal jenis iklan yang kerap mereka temukan di lingkungan sekitar. Iklan merupakan sebuah gosip yang disajikan untuk mensugesti orang lain sehingga tertarik kepada produk atau jasa yang ditawarkan. 

Bentuk media beriklan
Media atau daerah yang dipakai seseorang untuk memasang iklannya ialah melalui media cetak dan elektronik. 

Adapun iklan yang memakai media cetak sanggup kita temukan pada : koran, majalah ,tabloid, brosur dan baliho.
Iklan dalam media elektronik ialah melalui tayangan televisi, radio dan internet.
Selanjutnya wacana unsur-unsur dalam sebuah iklan ialah sebagai berikut : 
1. Produk yang ditawarkan
2. Keunggulan produk
3. Harga produk
4. Kalimat iklan
5. Gambar yang menarik
6. Nomor telepon
7. Alamat pengiklan 

Proses dalam pembelajaran
Dalam acara pembelajaran di kelas acara bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada pada buku siswa, tetapi bisa juga dengan membuatkan sesuai dengan kreatifitas Anda.
Dalam evaluasi nanti tentunya guru tidak hanya menilai dari sisi pengetahuan saja tetapi juga keterampilan. 

Berikut ini akan saya bagikan pola Rubrik lembar pengamatan keterampilan dalam menganalisis sebuah iklan.
Contoh ini bisa Anda kembangkan lebih lanjut lagi dan diadaptasi dengan selera dan kebutuhan anda. 

Adapun beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam tabel pengamatan keterampilan menganalisa iklan ialah sebagai berikut :
A. Nomor
B. Nama siswa
C. Kereteria penilaian, yang terdiri dari :
- pengetahuan
- kemandirian
- ketepatan

Demikian yang terbaru terkait dengan  Rangkuman bahan Tematik Kelas 5 SD Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

0 Response to "Rangkuman Bahan Tematik Kelas 5 Sd Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel