Kini Blogger Sudah Mendukung Https Untuk Custom Domain

Sebenarnya Blogger sendiri belum mengumumkan fitur HTTPS untuk custom domain secara resmi ketika postingan ini dibentuk (24/12/2017), namun ternyata di dashboard blogger dengan custom domain sudah muncul sajian untuk mengaktifkan HTTPS untuk custom domain.

Untuk blogger yang mengakses dashboard Blogger melalui www.blogger.com, sajian HTTPS untuk custom domain ini belum muncul.

Agar sajian HTTPS untuk custom domain Blogger ini muncul, silahkan kanal dashboard Blogger melalui draft.blogger.com kemudian silahkan lihat di bab Setting > Basic menyerupai gambar di bawah ini.


Silahkan aktifkan HTTPS Availability dengan menentukan YES, sehabis itu halaman dashboard akan me-refresh sendiri yang kemudian masuk ke proses propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS atau menunggu HTTPS aktif.

Dalam masa ini untuk sementara blog tidak sanggup diakses. Namun jangan khawatir, propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS ini tidak butuh waktu lama, jadi silahkan tunggu saja beberapa menit saja. Proses propagasi HTTPS ini akan tampak menyerupai gambar di bawah ini.


Setelah beberapa menit silahkan coba refresh halaman dashboard Blogger, jikalau proses propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS ini sudah selesai, maka akan tampak menyerupai gambar di bawah ini.


Jika sudah menyerupai ini maka blog sudah kembali sanggup diakses, tentunya url blog juga sudah menjelma HTTPS.

Aktifkan juga HTTPS redirect biar blog diakses hanya memakai HTTPS saja. Jika ada link di blog dengan memakai url HTTP maka otomatis akan dialihkan ke HTTPS, begitu juga jikalau ada pengunjung yang mengakses dengan url usang yang masih memakai HTTP maka akan otomatis dialihkan ke HTTPS.

Dan sehabis mengaktifkan HTTPS di custom domain ini, untuk beberapa ketika iklan Adsense akan blank dulu. Adsense perlu waktu beberapa ketika untuk menyiapkan ketersediaan iklan yang mendukung HTTPS. Makara tidak perlu khawatir alasannya nantinya iklan akan tampil kembali.

Setelah HTTPS di blog kita aktif, ada beberapa hal yang harus dilakukan, di antaranya:
  • Sebaiknya ganti semua url usang dengan HTTP di edit HTML dengan HTTPS. Caranya cukup mudah, silahkan tekan Ctrl + Shift + R di edit HTML kemudian masukan url usang blog Anda (contoh: http://www.domainAnda.com/) di kotak yang muncul di pojok kanan atas di Edit HTML kemudian klik Enter. Lalu masukan url gres blog Anda yang memakai HTTPS (contoh: https://www.domainAnda.com/) kemudian klik Enter. Dengan begitu maka semua url usang akan menjelma url gres dengan HTTPS.
  • Memeriksa template blog untuk mixed content. Jika HTTPS blog berwarna abu-abu itu membuktikan template blog mempunyai mixed content dan itu harus diperbaiki biar HTTPS berwarna hijau. Pastikan semua url js memakai HTTPS dan sanggup diakses. Pastikan juga semua url gambar memakai HTTPS.
  • Tambahkan properti gres di Search Console untuk HTTPS. Hal ini sudah saya bahas sebelumnya, silahkan simak postingan submit semua jenis url ini.
  • Dan jangan lupa rubah url sitemap di robots.txt menjadi HTTPS.

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure ialah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs. Pengguna menginginkan pengalaman online yang kondusif dan bersifat langsung ketika memakai situs. HTTPS berfungsi untuk melindungi koneksi pengguna ke situs Anda, terlepas isi konten situs tersebut.

Ada beberapa manfaat utama jikalau kita memakai HTTPS dibandingkan HTTP, di antranya:
  • Membantu menyidik bahwa pengunjung blog membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jikalau ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah-langkah keamanan yang menciptakan lebih sulit bagi orang lain untuk melacak kegiatan atau mencuri gosip pengunjung blog.

Dan dengan tegas Google menyampaikan bahwa HTTPS merupakan sinyal peringkat situs di hasil pencarian.

Dengan HTTPS memastikan semua orang berselancar dengan aman. Dengan itu Google terus mendorong semua webmaster untuk beralih memakai HTTPS, salah satunya dengan menyediakan fitur HTTPS ini di Blogger baik untuk blogspot maupun custom domain.

Jika sebelumnya Anda memakai SSL gratis dari CloudFlare, silahkan ganti dengan SSL gratis dari Blogger ini, jangan lupa pindahkan lagi setting DNS domain dari CloudFlare ke setting DNS asalnya di penyedia domainnya. Dengan SSL Blogger maka semua url termasuk url canonical dan feed blog juga otomatis menjelma HTTPS sehingga ini mendukung widget recent post dan lainnya pada blog yang memakai HTTPS.


Sumber https://www.kompiajaib.com/

0 Response to "Kini Blogger Sudah Mendukung Https Untuk Custom Domain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel