Smk Akutansi : 3 Sumber Dana Perusahaan

Agar suatu perusahaan mampu menjalankan acara perekonomian secara lancar, maka manajer keuangan harus mampu berfikir keras untuk mencari dari mana sumber dana perusahaan didapat. Sebab acara perusahaan mutlak harus ditopang oleh dana yang mencukupi.

Sumber dana itu sendiri merupakan bentuk-bentuk dana yang mampu dimanfaatkan perusahaan berasal dari perusahaan lain atau perusahaan sendiri dengan mengatakan imbalan tertentu. Sumber dana perusahaan secara umum mampu dikelompokkan menjadi sumber dana jangka pendek, sumber dana jangka menengah, dan sumber dana jangka panjang.

Sumber Dana Jangka Pendek

Sumber dana jangka pendek yaitu pendanaan yang harus dibayar kembali dalam satu tahun atau kurang. Perusahaan biasanya menggunakan sumber dana jangka pendek untuk modal kerja alasannya yakni sumber dana ini harus segera dibayar dalam waktu setahun atau kurang.

Contoh sumber dana jangka pendek yaitu kredit perdagangan, pertolongan bank jangka pendek, surat berharga komersial, serta pendanaan piutang dan persediaan.

Baca lebih lanjut Sumber Dana Jangka Pendek

 Agar suatu perusahaan mampu menjalankan acara perekonomian secara lancar Smk Akutansi : 3 Sumber Dana Perusahaan
ilustrasi uang

Sumber Dana Jangka Menengah

Sumber dana jangka menengah yaitu sumber dana atau pendanaan yang mempunyai jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun. Kebutuhan jangka menengah dibutuhkan alasannya yakni adanya kebutuhan yang tidak mampu dipenuhi dengan sumber dana jangka pendek di suatu pihak dan juga sulit dipenuhi dengan sumber dana jangka panjang di pihak lain.

Dengan demikian, sumber dana jangka menengah merupakan sumber dana yang lebih panjang waktunya daripada sumber dana jangka pendek, namun lebih pendek jangka waktunya dibanding sumber dana jangka panjang.

Contoh sumber dana jangka menengah yaitu term loan, equipment loan, leasing.
Baca lebih lanjut perihal Sumber Dana Jangka Menengah

Sumber Dana Jangka Panjang

Pendanaan dalam jangka panjang pada umumnya menunjukkan pendanaan yang jangka waktu temponya lebih dari lima tahun. Pendanaan jangka panjang terutama terdiri dari obligasi. Pendanaan jangka panjang seringkali digunakan untuk mendanai aset yang masa pakainya jangka panjang, mirip tanah, mesin, pabrik atau proyek-proyek konstruksi.

Jenis-jenis sumber dana jangka panjang biasanya yaitu Hipotik dan Obligasi

0 Response to "Smk Akutansi : 3 Sumber Dana Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel